TfM9GUMlBSG9BUzoGpz6GUriGA==

Apa itu KOPPENSI UNJ?

Apa itu KOPPENSI UNJ?

KOPPENSI UNJ adalah singkatan dari Klub Olahraga Prestasi Pencak Silat Universitas Negeri Jakarta. Sebuah wadah kegiatan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta untuk mengembangkan kemampuan dalam cabang olahraga pencak silat. KOPPENSI UNJ itu dapat disebut juga UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) hanya beda penyebutannya saja.

Klub Olahraga Prestasi Pencak Silat Universitas Negeri Jakarta itu sudah terbentuk sejak tahun 2000-an, dan kalau dijabarkan alumni-alumni dan senior angkatan-angkatan sebelumnya akan sangat banyak. Tetapi dengan adanya KOPPENSI UNJ, para alumni, senior, pengurus, anggota, dan mahasiswa baru dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga rasa solidaritas dan kekompakan masih terasa sampai saat ini.

Juara umum 1 dan 2 Pada Kejurnas UPN 2020

Adanya KOPPENSI UNJ ini, mahasiswa akan mendapatkan berbagai hal yang dapat dimanfaatkan dengan baik, antara lain:

  1. Meningkatkan kemampuan teknik, fisik, dan mental dalam cabang olahraga pencak silat. Baik dalam nomor tanding maupun nomor seni tunggal, ganda, dan beregu.
  2. Mengetahui dan meningkatkan kemampuan berorganisasi sebagai anggota aktif maupun sebagai pengurus KOPPENSI UNJ.
  3. Menambah pertemanan serta rasa solidaritas sesama anggota KOPPENSI UNJ.
  4. Menambah ilmu dan pengetahuan dari berbagai sumber (senior, alumni, dan dosen) dalam ilmu kepelatihan olahraga, ilmu kepelatihan pencak silat, ilmu pedagogi, sport science, ilmu massage, ilmu penanganan cedera olahraga, dan masih banyak lagi.
  5. Mendapatkan arahan dari para senior, alumni, dosen, serta anggota lainnya jika terjadi permasalahan diperkuliahan, memerlukan pendapat, saat sedang mengalami 'salah arah', diskusi keagamaan, dan lain-lain.

acara buka puasa bersama dengan senior dan alumni KOPPENSI UNJ

Masih banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika bergabung di Klub Olahraga Prestasi Pencak Silat Universitas Negeri Jakarta, tetapi tergantung kepada individu masing-masing, apakah individu tersebut dapat berbaur dengan baik serta dapat menggali ilmu yang ada di KOPPENSI UNJ atau tidak.

Selain itu, KOPPENSI UNJ juga menerapkan kepada seluruh anggotanya agar selalu berprinsip, diantaranya:

  • Disiplin
  • Bertanggung jawab
  • Solidaritas
  • Sopan dan santun
  • Saling menghormati
  • dan lain-lain
Dari beberapa poin tersebut yang menjadikan anggota-anggota aktif KOPPENSI UNJ memiliki integritas dan kualitas yang baik.

0 Komentar